Lebaran di Jepang ala Ketua Korwil SEMMI Kepri

Nagano, semmi.or.id (29/5/2020) – Sudah dua bulan sejak Maret lalu, Ketua Kordinator Wilayah SEMMI Provinsi Kepulauan Riau Sdr. Eryanto, S.Pd. melaksanakan tugas magang bidang pertanian di Kawa Kamimura, Nagano, Jepang. Dalam menikmati tugasnya sebagai peserta magang (jesuse) dalam program tersebut, Eryanto melewati situasi pandemi dengan bertani. Terlebih ketika ia menjalani ibadah shaum Ramadhan hingga berlebaran yang sangat berbeda dari yang biasa ia lakukan di kampung halamannya di Kecamatan Midai, Natuna, Kepualuan Riau.
Dalam situasi pandemi yang tidak memungkinkan ini, Eryanto harus menikmati hari kemenangan Iedul Fitri 1441 Hijriyah tanpa mudik ataupun pulang kampung seperti yang dikatakan Presiden Jokowi. “Apapun kondisinya saat ini, saya masih tetap bersyukur meski shaum ramadhan di Jepang yang jauh dari keluarga dan waktu yang agak cukup lama berkisar 17 jam. Bahkan lebaran pun tidak bisa pulang ke Indonesia.” ujar dia yang akrab disapa Eri ini.
Lanjut ia mengaku, ia berlebaran di tengah masyarakat Jepang yang tidak berlebaran, “Di Jepang ini, tempat bertugas magang saya tidak ada muslim. Tidak ada iedul fitri. Jadi saya melaksanakan lebarannya hanya dengan kawan-kawan sesama peserta magang dari Indonesia yang muslim saja.” ungkap Eri di tengah putihnya hamparan salju.
Meski berlebaran jauh dari keluarga, lulusan Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat ini tetap berkomunikasi online dengan keluarga, “Lebaran tahun ini, paling saya hanya bisa bersilaturrahmi via online saja dengan sanak sodara dan keluarga. Bukannya gak sedih, namun dengan cara begitu juga sudah alhamdulillah.” katanya dengan tetap tampak tegar.
Eryanto juga menjelaskan bahwa program ini sebagai kebutuhan dirinya meniti karir di bidang pertanian,  “Allah menakdirkan saya bisa ikut program ini, padahal saya bukan tamatan dari Fakultas Pertanian.” ujar nya.
Eryanto hadir dalam Jambore Kebangsaan dan Wirausaha SEMMI di Cianjur, Jawa Barat (dok : istimewa)

Terakhir, ia mengajak generasi muda khususnya kawan-kawan SEMMI se-Indonesia untuk tidak takut menggantungkan mimpinya dan meraih cita-citanya, “Selagi ada kemauan dan usaha yang kuat, tidak ada yang tidak mungkin untuk kita bisa meraih kesuksesan. Semoga ini menjadi jalan terbaik untuk saya dapat menjalani karir ke depan.” ungkapnya kepada semmi.or.id melalui jaringan WhatsApp di sela-sela kesibukannya.
Salam Pengkaderan,
Gambate !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.