Korwil SEMMI Sumbar Jadi Panitia Kegiatan Menpora di Bukit Tinggi

SUMBAR, SEMMI.OR.ID. Koordinator Wilayah Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Sumatera Barat turut meramaikan kegiatan panggung Kirab Pemuda.  Kegiatan ini digelar atas kerjasama Kementerian Pemuda Dan olahraga (Kemenpora) dengan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia.

Kirab Pemuda merupakan sebuah audisi Pemuda Inspiratif yang dilaksanakan demi menggali potensi Pemuda yang ada di Sumatera Barat.  Dengan menggandeng KNPI Bukit Tinggi dan UKM Seni Marawa,  kegiatan ini dilaksanakan di IAIN Bukit Tinggi,  Sumatera Barat. Rabu,  12/9/2018.

Ketua Panitia,  Afdal mengatakan dalam kegiatan tahunan Kemenpora, Bukittinggi mendapatkan kesempatan untuk mendakan panggung Kirab Pemuda, tentu menjadi sebuah esempatan untuk para pemuda Bukittinggi menuangkan kreatifitasnya..

“Pangung pemuda ini bertemakan Kirab Pemuda, ini pertama kali diadakan. Ada dua jenis kegiatan yaitu. Lomba Band dan loba Puisi” Ujar Afdal Dinilhaq yang juga selaku Koordinator SEMMI Sumatera Barat.

Lanjut Afdal,  adapun ketentuan untuk mengikuti kegiatan ini adalah pemuda berusia 16-30 tahun. Kemudian, dapat menciptakan ide kreatif dari daerah asal, yang dituangkan dalam proposal program kerja. Proposal program kerja tersebut harus di-upload pada saat pendaftaran administratif secara online melalui website pemuda inspiratif.

“Dengan waktu terbatas, akan dipilih peserta yang terbaik,  nah dua pemenang di masing-masing kota berhak mengikuti kegiatan Pemuda Inspiratif dan Kirab Pemuda tingkat Nasional” tutur Afdal yang juga merupakan Wakil Ketua OKK DPD KNPI Bukittinggi.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari 4 Kota yang ada di Sumatera Barat diantaranya Bukittinggi, Pasaman, Padang Panjang dan Pariaman.

“Kita mencari 1.000 pemuda yang sudah berkarya, berprestasi atau memiliki ide kreatif untuk diseleksi,” ujar Afdal.
Pemuda yang dicari menurut afdal adalah yang berkegiatan di bidang pariwisata, lingkungan, olahraga, pendidikan, pertanian, musik, teknologi, wirausaha dan kesehatan.

Prosedur pemilihan diawali pengisian formulir pendaftaran secara online dilakukan melalui website www.pemudainspiratif.id dan/atau melalui posko yang ditunjuk.  Sebanyak 19 orang peserta lomba puisi dan 6 peserta Band terpilih dari ke 4 Kota.

Sementara itu,  salah seorang mahasiswa IAIN Febri Prifanda jurusan PAI, mengatakan acara Kirab Pemuda Kemenpora ini begitu mengesankan sebab bisa menjadi ajang kreativitas dan juga bisa melahirkan pemuda yang inspiratif.

“Kami sangat senang adanya acara kirab pemuda dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ini.  Kegiatan ini menggugah bakat pemuda di bidang seni.” pungkasnya.  (ntz/Rustam)

Tulisan ini dikutip dari laman Kupas Online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.